~Selamat Datang Di Blog Saya~

Sabtu, 14 November 2015

Heii ! ORANG INDONESIA, KITA BUKAN NEGARA KAYA MINYAK By Denny Saputra



Heii ! ORANG INDONESIA, KITA BUKAN NEGARA KAYA MINYAK 

By Denny Saputra


“Minyak Bumi adalah Energi tak bisa diperbarui, oleh karena itu harus ada kebijakan untuk menjaga ketahanan energi dimasa datang”
Isu kenaikan BBM semakin mencuat di ahkir oktober ini, apalagi setelah kabinet kerja terbentuk oleh presiden terpilih yakni Bapak Jokowi, banyak isu yang mengaktakan BBM akan naik sekitar Rp. 2000, banyak juga yang pro dan kontra, tapi pertanyaan saya kepada mereka apakah merekah paham perkembangan minyak kita?, Sejarah ?
Perlu kita ketahui cadangan minyak baru di indonesia ternyata lebih rendah dari tingkat produksinya, lantas kok bisa orang indonesia mengatakan Indonesia negara kaya Minyak, dimana minyak yang melimpah ruah itu?, bahkan doktrin sejak saya kecil waktu sekolah dasar guru-guru dan teman-teman saat itu mengatakan indonesia kaya minyak, gak mungkin kehabisan minyak ayook subsidi terus, kenyataannya bagaimana?
Hm....menurut saya sebenarnya indonesia bukanlah negara kayak minyak ataupun energi. Tetapi lebih tepatnya negara yang memiliki beranekaragam kekayaan alam dan bidang energi. Dimulai dari energi angin kita punya karena pantai kita banyak, air, minyak, batu bara, dan panas bumi, secara logika coba kita melihat apakah sumber energi  indonesia melimpah bisa dilihat dari 2 terapan yaitu
1. Dengan membandingkan cadangan minyak dimiliki indonesia dengan negara lain
2. Dengan membandingkan cadangan dimiliki dan diproduksi dengan tingkat konsumsi, melalui cara kedua ini akan ditemukan kesinambungan produksi energi minyak bumi di indonesia
Cadangan minyak indonesia tahun akhir tahun 2013 sekitar 3,46 barel. Sementara menurut statistik energi dunia yang dipublikasikan oleh perusahaan minyak dunia, terbukti cadangan minyak indonesia 3,7 barel dengan cadangan sebesar itu, menempatkan indonesia pada urutan ke-28 negara – negara penghasil minyak. Jumlah dangan minyak kita jauh dibawah Venezuela dengan cadangan 298.3 miliar barel dan Arab saudi dengan cadangan 265,9 miliar barel, oleh karena itu kok bisa – bisanya kita mengakatan negeri ini kaya minyak.
Meskipun ada negara lain yang posisinya di bawah indonesia dalam jumlah cadangan minyak, belum tentu negara itu negara miskin cadangan minyak, karna sesuai pendekatan ke 2, bisa jadi negara tersebut memiliki tingkat kesinambungan produksi yang lebih tinggi karena konsumsi minyak tidak sebesar indonesia. Bagaimanapun minyak bumi dan gas berasal dari makhluk hidup purbakala yang telah mengalami proses jutaan tahun, dan perlu kita ketahui tidak semua cadangan migas yang ditemukan dapat dimanfaatkan, hanya cadangan yang dirasa ekonomis untuk dikembangan.
Kalau kita telusuri lebih dalam lagi, saat ini indonesia memproduksikan sekitar 800.000 barel per hari. Bandingankan dengan negara venezuela dan arab saudi, yakni venuzuela sekitar 2,73 juta barel per hari dan arab saudi 11,53 juta barel per hari. Apabilah tingkat produksi masing2 negara diperbandingakan dengan cadangan minyak yang dimiliki masing-masing maka indonesia jauh lebih tinggi dalam hal pengurasan minyak ketimbang kedua negara tersebut oleh karena itu perlu kebijakan yang mendukung ketahan energi nasional yakni :
1.      Hentingan Subsidi BBM untuk kepentingan kendaraan dan keperluan pribadi, dan alihkan subsidi BBM ke departemen perhubuhan dalam hal kelancaran, infrastruktur dan alat transpotrasi yang nyaman,aman,cepat dan indah. Ini akan mendorong publik untuk menggunakan transportasi umum.
2.      Lakukan inovasi dan pengolahan serius dari pemrintah dalam energi pembaruan dengan bahan yang bisa tumbuhkan kembali
3.      Lakukan edukasi dini dan sosialisasi terhadap ,media, lingkungan, sekolah dan tempat-tempat sosial dalam kampanye peduli “energi bangsa” sehingga menimbulakan kesadaran publik untuk sama-sama bergerak menuju ketahan pangan indonesia. MERDEKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar