~Selamat Datang Di Blog Saya~

Sabtu, 14 November 2015

Materi Levelisasi dan Prioritas Organisasi Oleh Denny Saputra



LEVELIASASI DAN PRIORITAS ORGANISASI 
MAHASISWA PENALARAN

A.  Levelisasi Organisasi Mahasiswa Penalaran
Organisasi penalaran merupakan motor penggerak dari sebuah aktivitas ilmia di kampus, dari organisasi penalaranlah lahir kegiatan ilmia dikampus, tidak dipungkiri perkembangan organisasi mahasiswa penalaran berbeda dengan dengan organisasi lain apalagi jika lingkungan kampus dan mahasiswa tidak mendukung adanya kegiatan organisasi mahasiswa penalaran oleh karena itu perlu adanya kerja sama antara genarasi sebelumnya dengan generasi selanjtnya dan jaringan organisasi penalaran di kampus-kampus lain, sehingga dapat bertukar informasi.

Keberadaan Organisasi Mahasiswa penalaran memegang peran penting, meskipun bukan merupakan satu-satunya sayap kegiatan ilmia di kampus, organisasi mahasiswa penalaran bisa dikatakan dapur labotarium utama dikampus. dari organisasi mahasiswa penalaranlah disusun dan di proses kader-keder dan lingkungan ilmia di buat. Sudah menjadi kenyataan di lapangan bahwa kondisi-kondisi iklmi ilmia di kampus berbeda-beda tergantung budayah kampus tersebut. ada organisasi mahasiswa penalaran yang sudah mapan dan mempunyai pengaruh yang besar dan luas. Namun dikampus-kampus lain, organisasi mahasiswa penalaran baru didirikan, masi berkutat dengan proses legisasi status sebagai unit kegiata Mahasiswa, dan ada pula yang masi harus berkonstrasi menyiapkan kader-kader inti dan pendukung organisasi mahasiswa penalaran yang akan menopang kegiatannya.

Berdasarkan kenyataan itu seharusnya, organisasi mahasiswa antar penalaran saling mendukung walapun terletak dikampus yang berbeda, merupakan hal yang penting. dengan saling mendukung diharapkan dapat mempercepat laju organisasi mahasiswa penalaran, sehingga iklim ilmia nasional dapat terwujud. sebagai langkah awal perlu dibuat sebuah pemetaan dan pendataan terhadap organisasi mahasiswa penalaran sesuai kondisi organisasi mahasiswa penalaran masing-masing. dari data yang dihasilkan dibuat parameter-parameter untuk mengklarifikasikan organisasi mahasiswa penalaran sesuai kondisi umum yang ditemui. klarifikasi ini tujuannya adalah mempermudah formulasi dan strategi yang akan digunakan dan paling dibutuhkan oleh organisasi mahasiswa penalaran.

Membangun lingkungan ilmia dikampus bukanlah pekerjaan mudah dan ringan, berat dan sangat melelahkan, membutuhkan waktu yang panjang karna membangun budaya ilmia. Proses pembangunan memerlukan Sumber daya manusia. dan apalagi organisasi mahasiswa seperti Unit kegiatan Mahasiswa menganut karakteristik kepengurusan mengalir, tak selamanya seorang aktivis organisasi selalu berada dikampus, sehingga proses perlibatan sumber daya manusia harus sitematis dan berkesinambungan. selain itu, diperlukan sumber daya fisik dan dukungan finansial yang tidak sedikit. dan lebih dari itu semua, dibutuhkan energi rohani dan semangat visioner serta elemen-elemen vital berupa konsep, metode, dan sistematis perjuangan yang jelas dan mantap dari segi gagasan dan pemikiran brillian serta inovasi yang berkesinambungan, kepemimpinan yang kuat dengan organisasi yang solid, oleh karena itu pembagian levelisasi ini untuk memudahkan kita melangkah menuju tujuan utama “ membangun iklm ilmia di kampus dan nasional ”
Parameter-parameter Levelisasi Organisasi Mahasiswa Penalaran diklarifikasikan ke dalam aspek  sumber daya manusia, fokus dan lingkup agenda, parangkat organisasi, kesekretariatan, kaderisasi, pamasaran organisasi, Eksternal lembaga, keuangan dan pendanaan. parameter itu dapat di sebutkan sebagai berikut :
Aspek Dan Variabel
Leveliasai
Aspek
Variabel
Fokus dan Lingkup Agenda
Fokus Agenda
Lingkup Agenda
Sumber Daya Manusia
Kuantitas Kader
Kompentensi
Perangkat Organisasi
Struktur
Pedoman
Kesekreataritan
Sarana
Pengarsipan
Kaderisasi
Kaderisasi
Ekternal Organisasi
Eksistensi
Jaringan
Keuangan dan Pendanaan
Sistem
Sumber Dana
Pengklarifikasikan Aspek
1.    Sumber Daya Manusia
§  Kuantitas Kader
Parameter ini cukup jelas, yaitu berkaitan dengan jumlah kader yang mendukung kegiatan organisasi.
§  Kompetensi Kader
Parameter ini menunjukan kemampuan dan keahlian apa saja yang harus dimiliki setiap kader yang menjadi pendukung kegiatan organisasi.
2.    Fokus dan Lingkup Agenda
§  Fokus agenda
yang dimaksud dengan fokus agenda adalah bentuk aktivitas organisasi berjalan pada saat kepengurusan pada saat itu, dan secara umum agenda harus sesuai dengan visi dan misi.
§  Lingkup Agenda
sejauh mana pengguliran aktivitas organisasi
3.    Perangkat Organisasi
§  Struktur
Parameter ini memperlihatkan tingkat kompleksitas struktur organisasi pada tiap levelnya. dan tahapan dalam fungsi-fungsi badan yang penting harus diprioritaskan contoh divisi kaderisasi.
§  Pedoman Gerak Kegiatan dan Organisasi
Tersedia tidaknya pedoman arah gerak kegiatan organisasi  sebagai landasan pengabdian atau masa bakti para kader kepada sebuah organisasi yang legal-formal-wajar. ada pedoman asasi yaitu pancasila, kebangsaan dan nilai ilmia karna ukm penalaran adalah organisasi ilmia yang harus memegang teguh pancasila, ada pedoman operasional yaitu AD/ART, GBHK ( Garis Besar Haluan Kerja) dan rencana stetegis. AD/ART mempunyai nilai tambah karna memiliki legelitas Organisasi
4.    Kesekretariatan
§  Sarana dan Prasarana
maksud dari parameter ini adalah parameter ini meliputi apakah organisasi ini memiliki kesektariatan, lagi proses atau tidak ada dan berapah jauh fasilitas yang dimiliki. Perlu disadari parameter fasilitas disini mengacuh pada organisasi yang saya anggap besar dan mandiri yang perna saya kunjungi, dan ini juga tergatung kebutuhan dan keputusan organisasi.
v  tersedianya/tidaknya komputer ( untuk kepentingan menyimpan data informasi dari generasi ke generasi, surat menyurat, dan pengarsipan )
v  ada/tidaknya ruang rapat dan pertemuan.
v  ada/tidaknya sarana telepon, Faksimili, dan koneksi internet dan fasilitas yang lainnya.
Meski demikian, bentuk-bentuk parameter fasilitas ini tidak menjadi parameter baku. artinya memadai/tidaknya fasilitas yang dimiliki oleh sebuah organisasi mahasiswa ditentukan oleh sejauh mana fasilitas tersebut mendukung kelancaran
§  Pengarsipan
Maksud dari parameter ini adalah sebaik apa sistem dekomentasi yang ada di organisasi. Dokementasi menjadi penting mengingat kentekstual akan sejarah generasi terdahulu dan informasi menjadi pelajaran yang berharga untuk melihat gambaran organisasi mahasiswa masa depan.
5.    Kaderisasi
Paremeter ini mencakup sejauhmana organisasi mahasiswa yang bersangkutan sudah memiliki rangkaian jenjang pengkaderan yang harus dilalui oleh pengurus/anggotanya berikut program-program dan penerapannya. hal ini terkait dengan penyiapan SDM (sumber daya manusia) organisasi dimasa akan mendatang sesuai kebutuhan-kebutuhan organisasi kampus yang harus dipenuhi.
6.    Eksternal Organisasi
§  Eksitensi Lembaga
Yang dimaksut dengan eksitensi lembaga adalah sejauh mana keberadaan organisasi mahasiswa beserta kegiatannya mampu mendapatkan dukungan positif bahkan, jika mungkin melibatkan pihak rektorat dan birokrasi kampus (termasuk dosen dan karyawan), serta mahasiswa pada umumnya.
§  Jaringan
Yang dimaksut jaringan adalah sejauh mana organisasi mahasiswa yang bersangkutan telah menjalani hubungan dengan elemen-elemen lain yang ada disekitarnya (Intra dan Ekstra kampus) untuk mendukung kegiatannya. Elemen intra kampus meliputi, misalnya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan, BEM, dsb. Semenetara elemen ekstra kampus meliputi, semisalnya, Organisasi penalaran kampus lain, elemen mahasiswa pergerakan  kampus (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam, Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, Lembaga Dakwah Kampus, Pelajar Islam Indonesia, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia, Serikat Mahasiswa Indonesia, Kampus Pr), LSM, tokoh-tokoh masyarakat, alumni, dsb.
7.    Keungan dan Pendanaan
§  Sistem Keuangan
Parameter ini mencakup tingkat kompleksitas sistem keuangan yang digunakan organisasi yang bersangkutan.
§  Sumber Dana
Yang dimaksut dengan parameter ini adalah jenis sumber dana dan ratio perbandingan analisis perencanaan anggaran dengan pemasukan yang terjadi selama periode kepengurusan.






Aspek
Level Organisasi Mahasiswa Penalaran
Pra-Mula
Mula
Madya
Mandiri
Fokus dan Lingkup Agenda
PAR
AMETER
Fokus Agenda
Penguatan Kader Inti
Pengembangan kualitas Kader
Pemanfaatan Kualitas kader buat kemajuan Organisasi
Pemanfatan Kualtas kader untuk berkontribusi bagi kampus dan negara
Lingkup Agenda
Komunitas
Organisasi
Kampus dan Basis Mahasiswa
Basis Civitas Akedemika
Sumber Daya Manusia
P
ARAMETER
Kuantitas Kader
Terdapat Inisiator
Syarat Cukup Lembaga Formal
Sebaran Kader di tiap Fakultas dan Lingkungan
Sebaran Kader di seriap Lini elemen kampus internal dan ekternal
Kompetensi Kader
Keahlian merekrut anggota
Keahlian Organisasi dan ditunjang dengan karya Ilmia.
Ketokohan Kampus
Kepemimpinan Kampus dan karya LKTI tingkat Internasional
Perangkat Organisasi
P
ARAMETER
Struktur
Informal Terstruktur
Format Organisasi sederhana
Pemaksimalan tiap Struktur
Struktur dalam Struktur
Pedomana Gerak Kegiatan dan Organisasi
Tri Dharma Perguruan Tinggi
AD/ART
GBHK (Garis Besar Haluan Kerja)
Rencana Strategis
Kesekretaritan
P
ARAMETER
Sarana dan Prasarana
Belum ada
Sekretariat Informal
Sekretariat Resmi
Sarana Memadai
Pengarsipan
Belum ada
Pendataan Administrasi
Dokumentasi Arsip
Sistem Pengarsipan
Kaderisasi
P
ARAMETER
Kaderisasi
Pembentukan Kader Inti
Kaderisasi Kualitas
Kaderisasi Kuantitas
Spesialisasi Kaderisasi
Ekternal Lembaga atau Organisasi
P
ARAMETER
Eksitensi Lembaga
Belum ada
Skala Kampus
Lingkungan Sekitar
Elemen Penalaran Skala Daerah
Jaringan
Birokrat Kampus
Alumni, Penalaran Surabaya atau Regional, dan Internal dan eksternal Kampus
Jaringan Skala Provinsi
Jaringan Nasional
Keuangan dan Pendanaan
P
ARAMETER
Sistem Keuangan
Belum Ada
Sistem Keuangan Sederhana
Sistem Keuangan Rinci
Akuntabel dan Transparan
Sumber Dana
Balance
Swdaya Internal (Surplus)
Eksternal (Surplus)
Passive Income (Financial Freedom)
Mandiri

 
Informasi :
Pra-Mula

 
Mula

 
Madya

 
Perlu diperhatikan  sesunggunya  organisasi
Tidak meningkatkan suatu level atau tingkatan
Sebelum tingkatan sebelumnya yang lain terpenuhi

B.  Titik Tekan Pengabdian Organisasi Mahasiswa Penalaran
Mengelolah sebuah organisasi mahasiswa penalaran untuk mencapai tujuan yang telah disepakati memerlukan langkah stretegis dengan kerangka gerak yang intergal, bertahap dan berkesinambungan. dan titik tekan pengabdian Organisasi Mahasiswa Penalaran akan direkomendasikan dalam basis operasional.
berdasarkan parameter-paremet tiap level diatas, dirumuskan analisis kebutuhan organisasi mahasiswa sesuai klarifikasinya. dengan analisis kebutuhan tersebut, setiap organisasi mahasiswa disarankan untuk memprioritaskan hal-hal yang perlu dibenahi terlebih dahulu sehingga proses perbaikan secara manajerial dalam pengolahan Organisasi Mahasiswa berjalan sesuai kondisi internal dan kebutuhan organisasi tersebut.
Analisis kebutuhan Organisasi Mahasiswa di masing-masing level secara umum diturunkan dari parameter-parameter organisasi mahasiswa level atas. dalam setiap makala ini akan di jelaskan dan dipaparkan analisi kebutuhan organisasi mahasiswa.





Aspek
Kebutuhan Organisasi Mahasiswa tiap Level
Mula
Madya
Mandiri
Fokusi Kegiatan SDM
Pembentukan dan penguatan kader inti yang mampu diposisikan kepada level strategis
1.    Menambah jumlah kader dan menjaga kontinuitas jumlah tersebut
2.    Mempersiapkan sistem pengolahan SDM yang baku (alur kaderisasi, Mekanisme penilaian kinerja Individu)
3.    Mempersiapkan mekanisme pewarisan sistem yang baik.
4.    Mempersiapkan kader-kader yang mengImplementasikan dan memperbaiki sistem dimasa yang akan datang.
1.    Implementasi dan perbaikan sistem
2.    Pengolahan sdm secara Profesional
3.    Inovasi dan kreatifitas dalam pengolahan SDM
4.    Pewarisan sistem yang lebih baik.
Langkah solusi Kebutuhan Organisasi
1.    Membuat alur kaderisasi
2.    Membuat mekanisme rekrutmen yang efektif dan efesien
3.    Pengolahan dan pengembangan SDM yang berorientasikan pada pembentukan dan penguatan kader inti.
1.    Implementasi perbaikan dan stabilisasi alaur kaderisasi
2.    Pembentukan sistem evaluasi kinerja individu dan organisasi
3.    Pengolahan dan pengembangan SDM yang berorientasi pada peningkatan kemampuan dasar organisasi dan keterampilan personal
1.    Pengakaran sistem untuk seluruh organisasi
2.    Pengakaran Budaya Organisasi
3.    Pengelolaan dan pengembangan SDM yang berorientasi pada pengingkatan profesionalisme kinerja baik baik individual maupun kerjasama team
4.    Ekpansi dan difernsiasi untuk dikembangkan organisasi

C.  Siklus Tahunan Organisasi Mahasiswa
Penjelasan pada bagian ini meliputi aktivitas organisasi sebagai bagian dari manajerial pengohan organisasi. aktivitas tersebut bemula dari pembentukan kepengurusan, penentuan goal setting yang menjadi titik akan aktivitas organisasi mahasiswa penalaran di kampus, evaluasi terhadap aktivitas organisasi yang sedang berjalan, menyiapkan laporan pertanggung jawaban,  dan pelaksanaan suksesi. untuk mengatahui bagaimana semestinya aktivitas rutin dikelolah, akan dijabarkan dalam bagian makala ini yang mejelaskan tentang hal tersebut. adapun aktivitas rutin  yang dikembangkan sbb :
Siklus sebuh organisasi mahasiswa dimulai dari suksesi pemilihan kepengurusan baru untuk masa aktif berjalan. yang terpenting dari proses suksesi ialah pembentukan team Satgas (satuan Tugas)  dan Formatur Organisasi.Team inilah yang nantinya menawarkan calon-calon kepengurusan khususnya ketua umum dan menyiapkan perubahan Visi dan misi dan AD/ART dan GBHK. jika kepengurusan berhasil dibentuk maka dibuatlah Musyawarah kerja yang menghasilkan proposal kegiatan, penentuan target yang harus dicapai selama kepengurusan yang berjalan, sasaran eksternal untuk pengabdian masyrakat dan internal untuk organisasi organisasi, struktur kepengurusan yang akan berfungsi.


 Disampaikan pada diklat Fordimapelar 2014
 Referensi : Berbagai sumber






Tidak ada komentar:

Posting Komentar