~Selamat Datang Di Blog Saya~

Sabtu, 14 November 2015

Materi Inovasi dalam Organisasi Oleh Denny Saputra



APAKAH INOVASI ITU
Pengertian Inovasi
Banyak pakar berusaha untuk mendefinisikan inovasi. secara umum tidak ada kesepakatan antara pakar tetang definisi. pengertian inovasi pada dasarnya dapat dicari  cikal bakalnya dari ajaran agama. di dalam ajaran agama, setiap manusia diminta untuk selalu berinovasi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. inti dari ajaran tersebut adalah sebagai berikut. “Kalau hari ini sama dengan hari kemarin, maka kamu orang yang merugi. kalau hari ini lebih baik dengan hari kemarin kamu maka kamu orang yang beruntung, kalau hari ini dan lebih jelek dari hari kemarin maka celakalah kamu (Hadist Nabi Muhammad). sedangkan secara ilmiah definisi inovasi bisa dilihat.
Menurut Mckeown, 2008 mengatakan inovasi adalah perubahan dari sesuatu hal, baik yang bersifat inkremental (sedikit demi sedikit), maupin perubahan radikal. Inovasi bersifat radikal dalam bahasa inggris Invention. penemuan pesawat terbang adalah sebuag inovasi yang radikal, karena memang belum ada sebelumnya. namum ada kombinasi antara penemuan yang baru dengan yang lama contohnya adalah tea botol. tea sudah lama ada, dan botol juga sudah lama ada. tetapi tea yang dikemas dalam botol itu sesuatu yang belum ada jadi itu adalah inovasi.
Para pakar dibidang inovasi beranggapan bahwa prilaku inovasi terdiri dari dua tahapan, yakni tahap permunculan gagasan, dan tahapan implementasi gagasan. pada tahapan permunculan gagasan, proses inovasi dilakukan dengan cara meminta masukan atau pengumpulan gagasan yang inovatif dari para anggota yang dapat memberikan manfaat bagi organisasi, selanjutnya dari sekian gagasan dipilih gagasan terbaik yang akan diimplimentasikan bersama. pada tahap permunculan gagasan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. misalnya anggota diminta untuk melihat peluang yang ada, melihat jurang antara harapan dan kenyataan untuk mecari solusi atas masalah yang dihadapi organisasi, melihat kebutuhan segmentasi pasar yang dituju, pada tahap ini tingkat kreatifitas anggota menentukan banyaknya gagasan yang dikumpulkan. akan tetapi ketika tahap implementasi gagasan-gagasan yang telah terkumpulkan diseleksi secara kritis dengan bersama untuk mencari gagasan-gagasan yang memiliki landasan yang kuat untuk diimplementasikan lebih lanjut.
Jenis Inovasi
 Ada beberapa jenis inovasi, dan semua jenis inovasi ini bermuara pada keunggulan organisasi dalam memberika pelayanan kepada pengguna jasa dan produk organisasi.
1.      Inovasi Proses
sebuah proses dalam pembuatan suatu produk atau penyampaian produk kepeda segmen pasar yang fokus kepada kecepatan dalam alur operasional dan pelayanan
2.      Inovasi Metode
Penarepan metode inovasi ini menciptakan metode baru untuk mecapai tujuannya agar lebih cepat.
3.      Inovasi Struktural Organisasi
inovasi ini melakukan perubahan struktual organisasi yang efektif dan efesiensi dalam pencapain kinerja yang maksimal, contoh organisasi lama cenderung kaku, vertikal berbeda dengan struktur organisasi sekarang yang cenderung horizontal dan mengehamat sdm
4.      Inovasi dalam hubungan
inovasi yang timbul dari melihat dan merasakan interaksi dengan segmen pasar yang disasarkan.
5.      Inovasi strategi
dalam inovasi ini sebuah organisasi melakukan riset dengan melihat kondisi diluar sehingga bisa melakukan pemetaan kebituhan segmen pasar sehingga menghasilkan produk yang dibutuhkan.
Prinsip Inovasi
Agara inovasi bisa diwujudkan dengan dengan sukses ada sejumlah prinsip yang perlu dipahami para inovator. yaitu :
1.      Inovasi adalah sebuah usaha sistematis dengan tujua yang jelas.
2.      Inovasi tidak berdasarkan preseptual ( adanya kebutuhan nyata seperti kasus air minum dalam kemesan botol) tetapi secara konseptual, maksudnya didasari dari hasil perenungan yang dalam tentang produk yang dihasilkan akan menjadi kebutuhan segemen pasar yang dituju atau tidak.
3.      Supaya inovasi berhasil maka dimulai dengan ide yang sederhana, mudah dan fokus dengan satu tujuan. contohnya adalah inovasi tea kotak. tea kota adalah sebuah inovasi yang sederhana, tetapi dampaknya besar. setelah produk tea kotak muncul mulailah  tea kota aneka rasa hingga tea kotak dengan berbagai ukuran.
4.      Inovasi diusahakan dangan inovasi kecil,  lalu dilanjutkan dengan inovasi besar.
5.      Dalam berinovasi jangan merasa diri pintar, karena sikap demikian akan membuat orang kurang hati-hati.
Hambatan Inovasi
Bagi sebuah organisasi, inovasi dapat menjadi beban. sebab pada tahap awal seringkali  belum tanpak jelas apakah inovasi ini jika diterapkan akan berhasil atau gagal. tapi pada dasarnya gagalnya sebuah inovasi diakibatkan tidak mengikuti alur dengan baik.
Ada beberapa hal yang menghambat inovasi :
1.      Pemimpin tidak menghargai gagasan anggota, gaya pemimpin otoriter ini akan menciptakan pembunuhan yang membabat habis ide dari anggota.
2.      Prose birokrasi yang berbelit-belit
3.      Mengkritik pada segi kelemahan dalam inovasi, gaya mengkritik seperti ini memiliki potensi untuk membunuh inovasi selanjutnya.
4.      Sikap takut gagal
5.      Pegawasan dan tekanan yang terlalu tinggi sehingga menimbulan rasa tidak nyaman, sehingga gagasan inovasi sulut untuk muncul
6.      membuat aturan tanpa berdiskudi dengan teman-teman anggota.
7.      Meminta bawahan untuk memberikan alasan yang jelas dan rinci untuk setiap permintaan dana, waktu, bahan, tambahan panitia, peralatan yang mewujudkan gagasan tersebut.
8.      pemimpin merasa serba tau.

Disampaikan Pada saat diklat Susulan Fordimapelar 2014
Referensi : Berbagai Sumeber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar