~Selamat Datang Di Blog Saya~

Sabtu, 14 November 2015

Indonesia Best Innovation & Creativity In Business 2015 Oleh Denny




Indonesia Best Innovation & Creativity In
Business 2015
1.    Melembagakan Inovasi
Dari mana datangnya Inovasi ? inilah pertanyaan yang kerap selalu terpikirkan dalam setiap benak manusia dan pemimpin perusahaan. kita sadar sepenuhnya bahwa Inovasi penting bahkan sangat krusial dalam keberlangsungan kehidupan perusahaan yang mereka pimpin, dan kita juga menyadari bahwa hanya perusahaan yang memiliki daya inovasi tinggilah yang mampu bertahan dan terus berkembang mangarungi zaman dan bergolakan bisnis yang kian tak menentu.

          Akan tetapi ketika kita dibenturkan dengan tuntutan inovasi kebanyakan kita ragu, khawatir, cemas dan sering bertanya dalam hati “ mampukah perusahaan aku?” apalagi kabanyakan dari kita jika mendengar sebuah kata inovasi, semua orang langsung tertuju pada hal yang baru, segar, berbedah dari pendahulunya, bernilai tinggi.

          Yang membuat seorang pengusaha merasa tidak nyaman ketika mendengar kata Inovasi adalah selalu dikaitkan dengan tokoh-tokoh besar dunia seperti Thomas alvadisen, Bill Gates, Stave Jobs, Mark Zuckemberg sehingga membuat kita mengatakan masak aku bisa kayak mereka jenius dan pemilik perusahaan.
         
          Berdasarkan Penelitian dan study terus menerus pakar menajemen dan bisnis mengatakan Inovasi tak harus berupa selalu mengenai hal yang baru yang dapat menggunjang dunia, temuan-temua kecil dan sepele pada kenyataan juga dapat bermanfaat dan berpengaruh dalam perusahaan. contohnya adalah penemuan sedotan yang bisa ditekuk, ini merupakan inovasi yang mampu membantu perkembangan perusahaan, sebelumnya memang kita tidak mempermaslahkan tapi bergiringnya kebawelan konsumen sekarang menciptakan ketidaknyaman dalam sedotan lurus sehingga ditemukan lah inovasi seperti ini.
         
          Produsen yang menemukan sedotan pertama yang dapat ditekuk pastilah mendapatkan keuntungan yang luar biasa, karena banyak rumah makan, resto hingga kafe yang menggunakan demi kenyamanan konsumen mereka. artinya inovasi berpengaruh langsung terhadap peningkatan kinerja perushaan tentunya. disisi lain, omset para produsen sedotan lurus otomatis menurun karena banyak pelanggan yang berpindah dari sedotan lurus ke bengkok, agar penjualan tidak semakin terpuruk mau tidak mau maka perusahaan akan membuat sedotan bengkok. Namun jika semua pelaku bisnis ini memproduksi sedotan yang bengkok mau tidak mau harus ada inovasi kembali untuk dapat bertahan dalam persaingan. misalnya kualitas ditingkatkan, produksi diefesiensikan agar mampu memberikan harga yang bersaing, kualitas layanan B to B ditingkatkan, artinya tak ada kata berhenti dalam berinovasi dan berkreasi.

          Dari contoh diatas tadi, dengan jelas menggambarkan bahwasannya inovasi tak sebatas dengan sisi produk semata, inovasi juga berkaitan tentang proses produksi, layanan atau servis, strategi bisnis agar terus tumbuh dan berkembang. Inovasi yang positif akan memberikan dampang yang positif bagi kinerja perusahaan. Apa gunya inovatif dan kretaif jika perusahaan merugi.

          lebih luar biasa lagi jika inovasi yang dilakukan mampu memberikan dampak terhadap industrinya, bahkan masyarakat luas. Inovasi yang sukses biasanya menghasilkan produk atau layanan yang lebih berkualitas, harganya mampu bersaing karena inovasi dalam proses produksi mengacu pada efesiensi waktu dan biaya. sedangkan inovasi dalam pelayanan mampu memberikan ikatan emosional terhadap pelanggan karena palangganlah yang menentukan apakah sebuah perusahaan itu ada atau tidak.

           Inovasi tidak harus selalu datang dari puncak pemimpin perusahaan, dari berbagai program study tentang inovasi, perushaan yang inovatif justru melibatkan karyawan untuk mencetuskan ide-ide yang inovatif dan kreatif. Bahkan banyak perusahaan yang besar kelihatan dari luar sangat hierarki dan birokratis ternyata memberikan peluang seluas-luasnya kepada seluruh karyawan dari berbagai lapisan untuk aktif melakukan inovasi di tempat kerja masing-masing atau sekedar mengungkapkan gagasan ide.

          Contoh adalah PT Astra Internasional, diselngarakan konvensi inovasi tiap tahunnya, peserta seluruh dari anak perusahaan yang jumlahnya ratusan, hasil inovasi seluruh anak perusahaan diadu dan diperlombakan dihadapan dewan juri yang telah ditentukan. pemenangnya mendapatkan hadiah.

          Sedangkan perusahaan di indonesia adalah PT Kamadjaya logistik, perusahaan melakkan standar inovasi pada 4 bagian yakni : Keuangan, pelanggan, proses bisnis intenernal,  pembelajaran dan pertumbuhan. tak perna satu bulanpun tidak melakukan evaluasi inovasi. ditataran operasionalnya PT kamadjaya logistik memiliki unit khusus yang bertanggung jawab menangani gagasan dan proyek inovasi yang disebut dengan transformation  champion team (TCT) sebagai pendorong uapaya manajemen perubahan dlam mengimplementasikan strategi inovasi . Anggotanya terdiri dari setiap divisi . TCT mengulas dan membahas permasalahan atau kendala yang dihadapi setiap 1 kali seminggu.

          Agar bekerlanjutan, Inovasi harus dilembagakan sejalan dengan itu, Budaya perusahaan sangat mendukung terjadi inovasi terus ditumbuhkan, misalanya manajemen selalu membuka gagasan dan ide baru dan segar dari karyawan, menstimulasi gagasan dan inovasi kreatif, memberikan kebebebasan untuk mencoba metode kerja baru walaupun kadang kala ada kegagalan, serta memberikan hadia atau penghargaan bagi karyawan yang kreatif dan inovatif

2.    Jago Inovasi Korporat dari Indonesia

A.    PT Polymindo Permata
tak sedikit pelanggan yang menginginkan produk atap yang terkesan natural, tetapi tahan lama, disisi lain pasar luar negeri terutama negara maju mensyaratkan atap harus ramah lingkungan, tdiak beracun dari sinilah timbullah ide membuat atap tahan lama, tidak beracun, dan ramah lingkungan dan muncullah produk atap bangunan sintesis dengan material politelena yang ramah lingkungan.

B.     PT Kamadjaya Logistik
tidak dipungkiri biaya operasioan dalam bisnis memakan 20 % dari total biaya perusahaan, urusan pun bisa semakin memusingkan  karena aspeknya banya  mulai dari penyimpanan barang à Iventarisasi à Pengemasan à  hingga pengiriman. akibat permasalahan itulah perusahaan kamadjya logistik menemukan ide Klog Park yaitu integritas dalam operasional.

    ada 3 kunci strategi yaitu : mengenali perkembangan makro dan industri logistik indonesia, mendpatkan insight dari suara pelanggan, dan mengimplemtasikan strategi yang memberikan nilai tambah kepada pelanggan ( Strategi Into Action )

C.     PT Martina Berto TBK
memiliki produk sari ayu yang tiap tahun mengeluarkan warna baru, dan koleksi rias yang berbeda dengan tema yang berbeda

D.    PT XL Axiata
Inovasi unggulan yakni gudang aplikasi misalnya tools aplikasi, konten, dan layanan lokal

E.     PT Nutrifod Indonesia
Produk Inovasi sari pemanis berkalori rendah untuk penderitah diabetes dan pelaku program diet.

F.      PT Kereta api Logistik
Angkutan lebih ekonomis dan praktis menggunakan pallet dan tali lashing

G.    PT Elebram Sytem
Membuat konsep sisitem terintregrasi perekrutan tenaga kerja , penyedia key talent dan outsourching

3.    Membangun Perusahaan Inovatif
Membangun budaya inovatif adalah pilar bagi perushaan inovatif sekaligus dasar bagi inovasi berkelanjutan. Inovasi telah diyakini menjadi mantra penting bagi peruhaan yang ingin berkembang dan tumbuh berkelanjutan. sejumlah srudy global menyatakan para pemimpin perushaan menempatkan Unsur kreatifitasnya dan inovasi sebagai aatrbut kepemimpinannya, oleh karena itu penting bagi mereka untuk membangun inovasi di perusahaan khususnya adalah budaya.

          Mengapa faktor budaya menjadi sangat penting? Karena inovasi dizaman sekarang berbeda di era zaman Thomas alva edison. ini adalah pekerjaan sekelompokan orang. Tentu saja ini bukan tugas yang gambang dan murah. ada serangkaian tahap dan proses mesti dilakukan sebelum budaya inovasi tercipta. ada beberapa proses

1)   Tentukan dengan Jelas Ingin dicapai lewat Inovasi
Tujuan ini bersifat finansial atau strategis, pola pikir harus sekuensial artinya harus sistematis maksutnya mengetahui apa yang harus dikerjakan. Bisa dikatakan ini adala hulu..
2)   Merangsang Inovasi disemua level
agar inovasi menjadi budaya, mengalir dalam DNA tubuh perusahaan adalah merangsang inovasi disemua level caranya? dengan melakukan 2 pendekatan yakni:
a)      Top-down adalah Pemimpin perusahaan atau manajemen perusahaan mengaitkan integrasi dengan inovasi
b)      Bottom Up adalah Perusahaan membuka kesempatan bagi karyawan untuk berpartisipasi dalam berinovasi, mislanya membentuk community of parctices

3)   Buat Matriks Inovasi disemua level untuk mengukur kemampuan berinovasi.
yaitu divisi, perorangan, unit yang mampu mengukur kemampuan berinovasi yang memiliki standar yang pas.

4)   Bangun Presepsi Bahwa inovasi tak selalu berhubungan dengan hal besar dan bersifat terobosan

5)   Ciptakan Sistem, Integritas strategi bisnis dengan inovasi Lewat KPI
Kpi ( Keys Performance Indikator) sehingga menciptakan keberhasilan yang inovasi dan terus kreatifitas

6)   Berikan Reward untuk Inisiatif inovasi yang berhasil
Rewward tak harus finansial bisa award dan jangan lupa didokumentasikan sebagai motivasi

Ada beberapa tantangan dalam mengembangan inovasi yakni rasa takut, presepsi yang salah tentang inovasi selalu yang baru dan terobosan, preseosi membutuhkan dana yang besar
  Disampaikan Forum Ekonomi Bisnis
  Referensi Berbagai Sumber


                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar