Indonesia
Best Innovation & Creativity In
Business
2015
1.
Melembagakan Inovasi
Dari
mana datangnya Inovasi ? inilah pertanyaan yang kerap selalu terpikirkan dalam
setiap benak manusia dan pemimpin perusahaan. kita sadar sepenuhnya bahwa
Inovasi penting bahkan sangat krusial dalam keberlangsungan kehidupan
perusahaan yang mereka pimpin, dan kita juga menyadari bahwa hanya perusahaan
yang memiliki daya inovasi tinggilah yang mampu bertahan dan terus berkembang
mangarungi zaman dan bergolakan bisnis yang kian tak menentu.
Akan tetapi ketika kita dibenturkan
dengan tuntutan inovasi kebanyakan kita ragu, khawatir, cemas dan sering
bertanya dalam hati “ mampukah perusahaan aku?” apalagi kabanyakan dari kita
jika mendengar sebuah kata inovasi, semua orang langsung tertuju pada hal yang
baru, segar, berbedah dari pendahulunya, bernilai tinggi.
Yang membuat seorang pengusaha merasa
tidak nyaman ketika mendengar kata Inovasi adalah selalu dikaitkan dengan
tokoh-tokoh besar dunia seperti Thomas alvadisen, Bill Gates, Stave Jobs, Mark
Zuckemberg sehingga membuat kita mengatakan masak aku bisa kayak mereka jenius
dan pemilik perusahaan.
Berdasarkan Penelitian dan study terus
menerus pakar menajemen dan bisnis mengatakan Inovasi tak harus berupa selalu
mengenai hal yang baru yang dapat menggunjang dunia, temuan-temua kecil dan
sepele pada kenyataan juga dapat bermanfaat dan berpengaruh dalam perusahaan.
contohnya adalah penemuan sedotan yang bisa ditekuk, ini merupakan inovasi yang
mampu membantu perkembangan perusahaan, sebelumnya memang kita tidak
mempermaslahkan tapi bergiringnya kebawelan konsumen sekarang menciptakan
ketidaknyaman dalam sedotan lurus sehingga ditemukan lah inovasi seperti ini.
Produsen yang menemukan sedotan
pertama yang dapat ditekuk pastilah mendapatkan keuntungan yang luar biasa,
karena banyak rumah makan, resto hingga kafe yang menggunakan demi kenyamanan
konsumen mereka. artinya inovasi berpengaruh langsung terhadap peningkatan
kinerja perushaan tentunya. disisi lain, omset para produsen sedotan lurus
otomatis menurun karena banyak pelanggan yang berpindah dari sedotan lurus ke
bengkok, agar penjualan tidak semakin terpuruk mau tidak mau maka perusahaan
akan membuat sedotan bengkok. Namun jika semua pelaku bisnis ini memproduksi
sedotan yang bengkok mau tidak mau harus ada inovasi kembali untuk dapat
bertahan dalam persaingan. misalnya kualitas ditingkatkan, produksi
diefesiensikan agar mampu memberikan harga yang bersaing, kualitas layanan B to
B ditingkatkan, artinya tak ada kata berhenti dalam berinovasi dan berkreasi.
Dari contoh diatas tadi, dengan jelas
menggambarkan bahwasannya inovasi tak sebatas dengan sisi produk semata,
inovasi juga berkaitan tentang proses produksi, layanan atau servis, strategi
bisnis agar terus tumbuh dan berkembang. Inovasi yang positif akan memberikan
dampang yang positif bagi kinerja perusahaan. Apa gunya inovatif dan kretaif
jika perusahaan merugi.
lebih luar biasa lagi jika inovasi
yang dilakukan mampu memberikan dampak terhadap industrinya, bahkan masyarakat
luas. Inovasi yang sukses biasanya menghasilkan produk atau layanan yang lebih
berkualitas, harganya mampu bersaing karena inovasi dalam proses produksi
mengacu pada efesiensi waktu dan biaya. sedangkan inovasi dalam pelayanan mampu
memberikan ikatan emosional terhadap pelanggan karena palangganlah yang
menentukan apakah sebuah perusahaan itu ada atau tidak.
Inovasi tidak harus selalu datang dari puncak
pemimpin perusahaan, dari berbagai program study tentang inovasi, perushaan
yang inovatif justru melibatkan karyawan untuk mencetuskan ide-ide yang
inovatif dan kreatif. Bahkan banyak perusahaan yang besar kelihatan dari luar
sangat hierarki dan birokratis ternyata memberikan peluang seluas-luasnya
kepada seluruh karyawan dari berbagai lapisan untuk aktif melakukan inovasi di
tempat kerja masing-masing atau sekedar mengungkapkan gagasan ide.
Contoh adalah PT Astra Internasional,
diselngarakan konvensi inovasi tiap tahunnya, peserta seluruh dari anak
perusahaan yang jumlahnya ratusan, hasil inovasi seluruh anak perusahaan diadu
dan diperlombakan dihadapan dewan juri yang telah ditentukan. pemenangnya
mendapatkan hadiah.
Sedangkan perusahaan di indonesia
adalah PT Kamadjaya logistik, perusahaan melakkan standar inovasi pada 4 bagian
yakni : Keuangan, pelanggan, proses bisnis intenernal, pembelajaran dan pertumbuhan. tak perna satu
bulanpun tidak melakukan evaluasi inovasi. ditataran operasionalnya PT
kamadjaya logistik memiliki unit khusus yang bertanggung jawab menangani
gagasan dan proyek inovasi yang disebut dengan transformation champion team (TCT) sebagai pendorong uapaya
manajemen perubahan dlam mengimplementasikan strategi inovasi . Anggotanya
terdiri dari setiap divisi . TCT mengulas dan membahas permasalahan atau
kendala yang dihadapi setiap 1 kali seminggu.
Agar bekerlanjutan, Inovasi harus
dilembagakan sejalan dengan itu, Budaya perusahaan sangat mendukung terjadi
inovasi terus ditumbuhkan, misalanya manajemen selalu membuka gagasan dan ide
baru dan segar dari karyawan, menstimulasi gagasan dan inovasi kreatif,
memberikan kebebebasan untuk mencoba metode kerja baru walaupun kadang kala ada
kegagalan, serta memberikan hadia atau penghargaan bagi karyawan yang kreatif
dan inovatif
2.
Jago Inovasi Korporat dari Indonesia
A.
PT Polymindo Permata
tak
sedikit pelanggan yang menginginkan produk atap yang terkesan natural, tetapi
tahan lama, disisi lain pasar luar negeri terutama negara maju mensyaratkan
atap harus ramah lingkungan, tdiak beracun dari sinilah timbullah ide membuat
atap tahan lama, tidak beracun, dan ramah lingkungan dan muncullah produk atap
bangunan sintesis dengan material politelena yang ramah lingkungan.
B.
PT Kamadjaya Logistik
tidak
dipungkiri biaya operasioan dalam bisnis memakan 20 % dari total biaya
perusahaan, urusan pun bisa semakin memusingkan
karena aspeknya banya mulai dari
penyimpanan barang à Iventarisasi à
Pengemasan à hingga pengiriman. akibat permasalahan itulah
perusahaan kamadjya logistik menemukan ide Klog Park yaitu integritas dalam
operasional.
ada 3 kunci strategi yaitu : mengenali
perkembangan makro dan industri logistik indonesia, mendpatkan insight dari
suara pelanggan, dan mengimplemtasikan strategi yang memberikan nilai tambah
kepada pelanggan ( Strategi Into Action )
C.
PT Martina Berto TBK
memiliki
produk sari ayu yang tiap tahun mengeluarkan warna baru, dan koleksi rias yang
berbeda dengan tema yang berbeda
D.
PT XL Axiata
Inovasi
unggulan yakni gudang aplikasi misalnya tools aplikasi, konten, dan layanan
lokal
E.
PT Nutrifod Indonesia
Produk
Inovasi sari pemanis berkalori rendah untuk penderitah diabetes dan pelaku
program diet.
F.
PT Kereta api Logistik
Angkutan
lebih ekonomis dan praktis menggunakan pallet dan tali lashing
G.
PT Elebram Sytem
Membuat
konsep sisitem terintregrasi perekrutan tenaga kerja , penyedia key talent dan
outsourching
3.
Membangun Perusahaan Inovatif
Membangun
budaya inovatif adalah pilar bagi perushaan inovatif sekaligus dasar bagi
inovasi berkelanjutan. Inovasi telah diyakini menjadi mantra penting bagi
peruhaan yang ingin berkembang dan tumbuh berkelanjutan. sejumlah srudy global
menyatakan para pemimpin perushaan menempatkan Unsur kreatifitasnya dan inovasi
sebagai aatrbut kepemimpinannya, oleh karena itu penting bagi mereka untuk
membangun inovasi di perusahaan khususnya adalah budaya.
Mengapa faktor budaya menjadi sangat
penting? Karena inovasi dizaman sekarang berbeda di era zaman Thomas alva
edison. ini adalah pekerjaan sekelompokan orang. Tentu saja ini bukan tugas
yang gambang dan murah. ada serangkaian tahap dan proses mesti dilakukan
sebelum budaya inovasi tercipta. ada beberapa proses
1)
Tentukan dengan Jelas Ingin dicapai lewat
Inovasi
Tujuan
ini bersifat finansial atau strategis, pola pikir harus sekuensial artinya
harus sistematis maksutnya mengetahui apa yang harus dikerjakan. Bisa dikatakan
ini adala hulu..
2)
Merangsang Inovasi disemua level
agar
inovasi menjadi budaya, mengalir dalam DNA tubuh perusahaan adalah merangsang
inovasi disemua level caranya? dengan melakukan 2 pendekatan yakni:
a)
Top-down adalah Pemimpin perusahaan atau
manajemen perusahaan mengaitkan integrasi dengan inovasi
b)
Bottom Up adalah Perusahaan membuka
kesempatan bagi karyawan untuk berpartisipasi dalam berinovasi, mislanya
membentuk community of parctices
3)
Buat Matriks Inovasi disemua level untuk
mengukur kemampuan berinovasi.
yaitu
divisi, perorangan, unit yang mampu mengukur kemampuan berinovasi yang memiliki
standar yang pas.
4)
Bangun Presepsi Bahwa inovasi tak selalu
berhubungan dengan hal besar dan bersifat terobosan
5)
Ciptakan Sistem, Integritas strategi bisnis
dengan inovasi Lewat KPI
Kpi
( Keys Performance Indikator) sehingga menciptakan keberhasilan yang inovasi
dan terus kreatifitas
6)
Berikan Reward untuk Inisiatif inovasi yang
berhasil
Rewward
tak harus finansial bisa award dan jangan lupa didokumentasikan sebagai
motivasi
Ada
beberapa tantangan dalam mengembangan inovasi yakni rasa takut, presepsi yang
salah tentang inovasi selalu yang baru dan terobosan, preseosi membutuhkan dana
yang besar
Disampaikan Forum Ekonomi Bisnis
Referensi Berbagai Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar